Sunday, June 10, 2007

Maaf dan Terima Kasih

Gw bersyukur banget punya orang tua yang hebat dalam banyak hal. Apa yang mereka ajar dan tanamakan berasa sudah kini. Mulai dari yang sederhana hingga yang tak berujung nilainya. Dua hal besar yang masih sering gw bawa dalam menemui hari-hari sampai usia ini adalah MAAF dan TERIMA KASIH. Mungkin sederhana, namun kalo qta coba maknai lagi, gokil ... bisa lebih dalem dari apa yang selama ini ga terduga ama qta.

Lu semua tau kan kalo dua kata sederhana ini juga yang tergolong sebagai dua kata yang paling sukar diucap ama umat qta. Ada ego dan tinggi hati yang sering kali membentengi diri untuk lebih jujur lagi. Andai aja semua manusia bisa lebih menyadari efek dari dua kata ini, mungkin masing-masing qta akan lebih bisa 'menunduk' untuk menanggapi semua yang terhidang di dunia. Kata orang, qta ga harus bisa ngelaluin semuanya dalam hidup. Tapi kalo pun qta bisa ngehadapin banyak hal, jangan lupa buat nunduk. Kesombongan qta cuma bakal mbunuh qta pelan-pelan mpe akhirnya yang tersisa cuma ego. Pada tahap itu, hati qta sebenernya udah mati, ketelan ambisi dan semua dengki. Di saat itu juga, bersedihlah .. karena setan udah menang nguasain qta!!

Jangan sombong dan cepet puas ama semua yang udah qta punya. Kalo lu udah merasa bahwa apapun yang saat ini lu bisa nikmatin adalah lebih dari segalanya, lu jugda udah ngeluangin banyak tempat buat setan bernaung didalemnya. Qta jadi ga mau belajar dan ga mau nunduk lagi. Kalo udah gini, kapan qta bikin inovasi lagi?? Tau-tau, orang lain dengan segenap potensi dan kelebihannya nyalip qta dengan senyuman mengembang. Pada detik itu juga, qta udah terlalu ga sadar buat ngejar dia atau bahkan mereka.

Yuk, belajar lagi. belajar buat nata hati, belajar buat lebih arif, dan belajar buat bilang MAAF dan TERIMA KASIH. Ga usah sungkan ucapin itu kalo qta emang perlu lakuin itu. Bukan buat orang lain, BUKAN. Tapi buat qta, yah .. QTA sendiri!! Coba buat memaafkan diri sendiri untuk semua kekurangan dan kesalahan. Coba buat bilang MAKASI buat semua kesabaran dan kekuatan yang selama ini nemenin qta liat hari. Qta layak ko buat itu semua, sama layaknya qta buat ngehargain orang lain juga. Orang-orang yang udah 'bentuk' qta -- sadar maupun tidak, langsung maupun tidak -- sehingga qta mpe ke tahap sekarang ini. Mungkin qta masi punya banyak cacat, tapi ga pa pa. Selama qta punya tekad, qta pasti bisa ngelaluinnya. Sesulit apa rintangannya, Tuhan pasti kasi jalan. Percaya aja!!!

Jadi, mulai besok qta rame2 ingetin diri buat ga lupa lagi bilang MAAF dan MAKASIH buat apapun dan siapapun yang layak ngedapetinnya, ya? Mau kadar kontribusinya kecil ato gede, yakinlah mereka (juga qta) layak buat ngedapetinnya ;)

MAKASI dan MAAF terbesar gw buat papa dan mama, juga adek2 tercinta. Mizz u a LOT !!!

No comments: