Tuesday, April 17, 2007

Musik dan Idola

The world is very busy to talk about their Idol. Sebagai bagian dari dunia yang udah 'sepuh' ini, boleh donk, gw juga ikut sumbang suara buat topik ini ..

Tulisan ini terinspirasi dari apa yg gw tonton tadi malem .. u know .. Indonesian Idol season 4. Makin kesini, bedanya kontes menyanyi ama kepopuleran cuman beda tipis ya, bro. Mungkin karna ada entertainment dealings di dalemnya ya, jadinya apa yang harusnya murni kontes nyanyi, jadi ada 'embel-embel' pesan promosi, dan akhirnya ngaruh di tampilan dan pembawaan si pejuang kontes. Well, on one hand ... sebagai penikmat acara, rame juga sih akhirnya tontonan itu. Soalnya suka ada 'kenorakan2 ga penting' yang disorot kamera dan akhirnya bikin qta ngakak. Nah, gimana ga ngehibur?? But on other hand, sadly we say .. kenorakan itu juga yang bikin acaranya lama2 brasa katro dan flat.

Lucunya kalo yang kesorot adalah kenorakan kontestan sebagai 'pribadi yang baru masuk TV'-nya keliatan. Gosh .. banci tampil ada di TV tuh .. wakakak. Boleh lah gaya, tapi kalo mpe jadi bikin aneh karakter, jadinya kan ga pantes juga. Oiya ditambah ama baju yang dipilih (kan untuk) kontestan. Kalo yang tau gaya, asyik banget ngeliatnya. Tapi kalo yang pengennya maksa .. mo diginamanin juga, jadinya weird !!! Masih inget ama pemenang AFI 1, toh?? Nah, mnurut gw itu salah satu bukti nyata; jadi korban promosi yang ga berkonsep. Blom lagi ama reality show-nya .. ya mpun .. bener2 kadang dibuat2 banget. All look fake anyway!

Nah, skarang qta ngomongin kualitas yukk. Dibandingin ma smua kontes nyanyi di Indonesia, i prefer to watch Indonesian Idol to (watch) other music contests ever. Apalagi Indonesian Idol 1 .. BWEGH .. keren banget!! Mpe pusing mo milih yang mana, saking bagusnya rata. Alias, pada bagus smua. Sayang, makin ke sini, Indonesian Idol makin gampang ditebak. Kayaknya ko mereka jadi milih kontestan yang kompetensi nyanyinya rata standarnya. Baik banget ya, mau bantu pemirsa biar milih idolanya ga sesulit pas Indonesian Idol 1 ..

Untuk juri Indonesian Idol seri 4, awalnya gw ragu ama (setengah) formasi baru ini. Tapi kalo diliat2, ternyata seru juga padanannya. Jamie tuh terkenal ama kegapeannya buat berbicara dalam banyak bahasa di dunia, sense of art-nya juga tinggi karna dia juga gape maen banyak alat musik. Yang kurang dari dia adalah, ngurangin groginya tiap kali diminta penilaian ttg penampilan kontestan. Ga tau napa, padahal kl ngeliat track record-nya, dia kan ga bentar jadi VJ MTV Asia??? Kl Mas Anang, sebagai produser musik yang udah lama ngendon di dunia itu, jelas musik dan pencarian calon idola, udah jadi makanannya sehari2. Amazing juga bisa tau komen2nya dia ttg kontestan, krna banyak penilaian yang nendank banget. Kalo Indra ama Titi sih udah kagak perlu dikomentariin. Mereka toh udah jadi mami-papi Idol dari awal. Blom lagi pengalaman dan kontribusinya di dunia tarik suara, dalam dan luar negeri. Ditambah ama catatan gosip pribadinya juga sihh .. hehe2.

Harapan gw, salah satu penikmat musik berdasarkan mood ini (he .. ngaku), musik di Indonesia smakin maju. Makin banyak bintang vokalia yang bagus2. Syukur2 kl lewat ajang kayak gini, emang banyak kejaring bintang2 baru. Berharap aja mereka ga cuma semusim. Semakin ari, penonton Indonesia semakin banyak yang pinter kok. Jadi ati2 selalu buat produser apapun bidang kreasinya buat mencetak suatu program .. apalagi yang bersinggungan ama reality show dan sinetron.

Duhh, kl mo ngomongin sinetron perlu space lebih banyak kayaknya. Soalnya, gw punya BANYAK komen buat sinetron tanah air.

Udah dulu buat tumpahan mikirnya pagi ini. Kembali ke dunia sendiri ... Mareee

No comments: