Friday, April 13, 2007

IPDN case

Pagi semua .. Whuddap, there?? Kudu masuk dalam sejarah ni, jam sgini gw udah nongkrong depan PC buat bercomel ria. Biasanya sih udah melalar kemana ...

Kebetulan hari ini gw bisa bangun pagi (CATET), nonton TV di channel sana-sini, liat2 bentar headline koran pagi, mulai dari koran serius mpe yang isinya cuman berita2 (yg katanya) SELEB yang semakin banyak gak gw tau siapa dan apa prestasinya. Sorriii deh, bukan pecinta sinetron Indonesia soalnya.

GOKILL ... IPDN tuh bener2 kudu ganti nama deh kalo ga jadi dibubarin ato ganti sistem. Nama 'Institut Preman Dalam Negeri' kayaknya lebih cucok buat ngegambarin 'pembelajaran' yang diberikan selama belajar di sana. Apa2an??? Orang tua masukin anaknya ke sekolah itu dgn harapan mereka bisa dididik buat jadi calon pemimpin yg handal di masa depan. BUKANnya balik2 pada hancur babak belur ato bahkan ada yang tinggal dead body aja!! GERAM bener tau ada 1 nyawa lagi melayang sia2 gara2 penggojlokan yang sering kali ga masuk akal di IPDN. Begonya lagi, Rektor setempat ngaku itu sebuah kecolongan semata. Hell yeah ... kalo kecolongan, ko ya sering banget sih, pak????

Ga ngerti, sebenernya apa sih yg mo ditularkan ke siswa/i IPDN? Sampe dimana esensi penggojlokan kayak gitu sampe2 harus jadi salah satu 'kurikulum ga resmi, tapi wajib dijabanin' ama siswa/ i IPDN??? Kasarnya, kalo mo ngejadiin calon bupati aja kudu kayak gitu, apa yg bisa diharapin di masa depannya?? Mo jadi apa negara kl dipimpin ama preman??!!! Anak yang aslinya ga pernah neko2, baik, pendiem, ga banyak polah kemudian 'dimasukkan' dalam suatu lingkungan yang sebegitu keras dan penuh ketidakmasuk-akalan, jelas2 bakal jadi pribadi yang lebih mili 'membunuh daripada dibunuh' lah. Mau itu motifnya maen2 mpe emang asli bales dendam, ujung2nya yang didapet ma para junior adalah 'pola laen' yang bisa dipake sewaktu mreka mimpin tar. Dan ga laen ga bukan, pola itu adalah KEKERASAN.

Salut buat beberapa pemimpin provinsi yang berani secara tegas ngelarang putra/ i daerahnya buat menimba ilmu di IPDN selama ga da perubahan. Apalagi buat gubernur yang malah udah prepare banget buat buka 1 jurusan baru di universitas lokalnya, khusus buat menempa calon pemimpin daerah di masa datang. Sehingga mereka ga perlu ngirim putra/ i daerahnya buat sekolah ilmu pemerintahan dsb ke sekolah yang jelas2 cuman bisa nyetak preman itu. Itu baru tindakan nyata!!

Buat gw, pemberantasan kasus (alm) Cliff Muntu dan temen2 yang laen, harus diusut mpe pencabutan jajaran pemimpin sekolah itu. Gimanapun juga mereka lah yang sebenrnya harus bertanggung jawab ama apa yg udah jadi bubur ini. Kalo mo ditilik ulang dari sistem pembelajaran, sebenernya baik praja senior maupun parja madya yang terlibat peristiwa heboh ini, adalah sama2 korban dari suatu sistem yang udah dibiarin lama salah. Percuma kl pemberantasan masalah ini, yg diciduk cuman pelaku kekerasan yang melakukan secara langsung aja. Karna otak kejahatan sekaligus penanggung jawab terjadinya tragedi itu alias si pemimpin intitusi dan antek2nya (denger2 .. ada persengkokolan antara pemimpin institusi ama Departemen Dalam negeri sendiri buat meng-close kasus2 kyk gini) sebenernya ga keringkus.

Hebat tuh buat Pak Inu Kencana (kalo ga salah nama .. maaf lo pak) , salah satu dosen IPDN yang dari dulu semangat buat menyelidik kasus2 kyk gini. Walo sering diancam dan diteror gara2 mulutnya yg suka cablak mengungkap apa2 yg sebenrnya terjadi di dalem institusi, beliau ga gentar. Ini baru pendidik, ga cuman pengajar doank!!

OAaaaaa, smoga kasus ini segera kelar deh, jadi ga memperpanjang daftar PR Presiden qta. Kasian, udah terlalu banyak kerjaan dan PR yang nunggu buat dituntasin ama Pak Presiden. Kalo harus ditambah ama kasus2 gini, bisa jadi gila. Nah, kl pemimpinnya udah gila, bangsanya apa ga bakal ikut2an edannn???

1 comment:

from runknee said...

Waduh, komen-nya ringkes amat, pak .. tapi nendank juga, kok. Sukses yapp.