Saturday, September 20, 2008

Lecturing in SBM ITB

BUSINESS LEADERSHIP This is my 2nd time handling the class in SBM. Previously, i had a responsibility to be a tutor in POWER & POLITICS for class of 2009. It was excited and a truly unforgettable moments being in the midst of those 'kids'!! And recently, I am being trusted to be one of tutors infor class of 2010. Beberapa kali sempet juga in charge di kelas INTRODUCTION TO BUSINESS & MANAGEMENT buat anak2 2011; pas harus ngegantiin Dike yang lagi summer school ke Helsinski dan pas kemaren banget .. karena banyakanya tutor yang ikutan ngelayat ke alm. dosen kami tercinta, B'Nur.

From all of these 3 classess of students, I've found so many lessons learned about what I've been through in stepping in academic life. Lucu, gemes, sedih, penasaran, euforia .. semua rasa sempet terjabanin di masing2 kelas. Gini neh kalo aq boleh menganalisa ..

Temen2 2009 (esp. kelas 2), awalnya menyambutku dengan kondisi kelas yang chaos. I'm still remember the time when I needed to hush them, but they were still noisy. And when I knocked the rubber loudly to the desk, they finally realized that I would be such a 'different tutor' for them. It worked, indeed! Aq selalu kasi rules of the game di pertemuan 1. Apa yang kusuka, apa yang ga kusuka, dan ku biarkan mereka kenal aq baik-buruknya. Ga jarang, aq pake 'bahasa mereka' supaya bisa lebih deket dan diterima dgn ambience mereka yg notabene ga bisa diem, doyan maen, dan banyak nanya hal2 mengejutkan! Pikirku, "You sell, I buy-lah"

Ga butuh 1 jam di hari pertama u/ dapet atensi mereka, aq dah berasa nge-blend banget ma 2009. Ternyata mereka asyik buat diajak maen dan juga belajar! Ada juga sih beberapa tampang yang belom bisa langsung ku rangkul di hari 1, tapi toh besok2nya qta malah jadi temen hahehe di luar kelas. What a surprise! Pas giliran rolling tutor, baru deh berasa jeglek banget pas harus ketemu kelas baru! Wajah2 yang berbeda, kelakuan2 yang berbeda, dan pastinya 'keseruan' yang ditawarkan berbeda. Bayangkan, 1x dipercaya jadi tutor di SBM, aq udah harus bisa 'nenangin' temen2 2009 yang terkenal cerdas tapi ga bisa diem! dan itu 2B! Setelah berasa dapet 'soul'-nya bareng mereka, aq udha harus catch-up ma temen2 2009 tapi di kelas laen yang terkenal manut dan ga banyak ngoceh. Asli, jeglek banget!! Aq berasa jadi badut yang ga lucu di hari 1 masuk di kelas 2C! Semua kekonyolan & sikap sok PD ku yang sll berhasil bkin kelas hidup di 2B, gugur semua di 2C! Wew ... I was failed in that 1st day in 2C! Serunya, pas aq keluar dari ruang 2C, temen2 2B langsung lari ke aq dan heboh bilang, "Mbak, kenapa sih harus ada rolling?? Qta ga nyambung ama tutor yang skarang!!". Dan itu ga cuma 1-3 mahasiswa yang bilang! Ampir semua temen2 dari kelas itu ngampirin aq dengan curhat hal yg sama. Ga dinyana, tutor yang kedapetan kelas 2B jg langsung narik aq u/ curhat abis2an, gmn menderitanya dia di 2B selama 1jam 40 menit tadi. Wah .. wah .. kira2 teori apa yang bisa menjelaskan ini?

Kamipun .. para tutor .. berdiskusi ttg ini. Keismpulannya: kami yang tutuor baru harus mulai membiasakan diri u/ ngerasain efeknya rolling system seperti ini. Seringnya, mahasiswa yang sudah tll nyaman ma qta, jadi susah u/ ga skeptis nerima kedatengan tutor baru di kleasnya. Ga cuma tutor yang butuh adaptasi ma kelas. Kelas juga ternyata butuh waktu u/ memproses dan akhirnya memutuskan u/ beradaptasi dengan tutor beserta gaya ngajarnya yang bisa jadi JAUH BEDA ma tutor sebelumnya. Hipotesa pun memunculkan data postif. Temen2 yang ga bisa cepat beradaptasi dengan tutor baru, kecenderungannya jadi ga termotivasi u/ belajar & menampilkan performansi individu yg bagus. Keliatan banget adanya fluktuasi nilai sewaktu kelasnya dipegang tutor A dan kemudian tutor B. Akhirnya, kami cuma bisa berpesan, jangan cepet 'maen hati' di kleas ma tutor. Takutnya, ketika mereka harus ketemu ama tutor & sistem baru, motivasi internal mereka ga kesentuh, dan yang ada jadinya gagal di kelas yang diambil. Sayang, banget kan? U/ tutor, aq mungkin bisa ambil pelajaran, kalo sebaiknya, aq juga bisa cepat belajar u/ menganalisa kelas ... pelajari karekteristik mereka dengan sigap, apa maunya mereka dari kelas, dan membantu menggelitik motivasi internal mereka (BUKAN cuma motivasi eksternal) biar sll mau menampilkan prestasi terbaiknya dengan siapapun tutornya.

Ceritanya cukup panjang .. Ku sambung lagi secepatnya. Sekarang udah harus cabut ke Kafe Halaman u/ buka puasa bareng temen2 SMA. Mareeee ^_^

1 comment:

Anonymous said...

Mba..mo nanya donk..
cara jadi tutor di SBM gimana sih???
saya skrang kuliah di MBA ITB...
mohon pencerahannya...
dibales ke email juga gpp...

Bijak Fajar Putranto
http://bijakfajar.wordpress.com
bijaksana_corp@yahoo.co.id