Saturday, March 31, 2007

Unpredicted ways

People, hari ini gw liat seorang bapak tua (asli .. beliau tuh udah SEPUH banget) yang lagi narik gerobak angkut sampah di suatu jalan besar di BDG. Yang bikin menarik, beliau masih sempet ngeliatin senyum saat dengan ga mudah narik tuh gerobak di tengah2 jalanan yang lagi macet (be conscious .. we have long week-end again this month). Well, back to d'point anyway .. senyuman -nya itu loh. I mean, di tengah2 kemacetan yg luar biasa -- banyak kendaraan ga sabar mbunyiin klakson -- beliau tu masih SEMPET ngeliatin (senyum) itu DAN BUKAN wajah yg pnuh kerudetan, letih, ga senyum, bahkan ngeliat sengit ama lalu lalang di sekitar. KO BISA, ya??

Gw ajak lu semua mundur bentar sebelum gw ktemu scene yang itu .. Sebelumnya gw ke As-Syamil -- ada sdikit urusan ama famili ke sana -- . Ada beberapa buku terbitannya yang sempet menggelitik hati. Salah satunya tentang bagaimana seseorang bisa tampak lebih cantik (u/ pere; dan ganteng u/ cowo) lagi dari hari ke hari. Kalo lu sempet baca tulisan gw 3 hari ini, lu pasti bisa bayangin kl gw lagi dalam masa 'ga asyik berat'. Tapi gara2 buku itu dan juga 'cuplikan senyum' si bapak tua yg ga sengaja gw liat hari ini, bikin gw maluuuuuuuu banget!!! Bukan ama siapa2, tapi ama TUHAN gw, ALLAH SWT ... Sang Maha Pencipta yang ga pernah bosan buat kasi smua umat-NYa jalan terbaik buat masing2 qta.

Tuh buku bilang, "Di saat qta lagi ga feel good banget, seharusnya qta lirik kanan-kiri, apa iya kondisi qta ini bener2 patut buat disesali. Biasanya kl lagi BT, pikiran qta kan terpusat ama kpedihan kondisi sendiri, sampe lupa ngeliat dan sadar bahwa sebnernya MASIH BANYAK yang mendapat kesusahan/ kemalangan/ ketidakberdayaan (dalam mhadapi hidup) daripada qta". In other words, qta masih JAUHHHHH LEBIH BAIK dari mereka2 itu. Kl pun masi ga percaya ama itu, setidaknya qta mikir kayak gini buat sehari ini aja. Jangan cuma pake otak lu, tapi juga ati buat mahamin ini.

Coba pikir .. brapa banyak orang di dunia ini, u/ menghadapi hidup masih harus mikir apakah bsok dia bisa/ ga hidup karna ga punya sepeser Rupiah lagi? Brapa banyak orang yang masi harus bjuang mlawan kerasnya hidup sampe2 harus tidur di jalanan, ngemis/ ngamen/ jual asongan tanpa knal waktu, atau mengais tempat sampah penduduk u/ skedar nyari ada sisa makanan yg bisa/ ga mereka konsumsi hari ini? Brapa banyak orang sakit tengah berjuang buat bisa sehat dan menjalani hidup seperti sedia kala?

Dan lu tau .. BANYAAAAAAAAAAKKKK banget orang2 kayak gitu, millions people!!!!!!!! Blom merasa malu juga ama Allah SWT??!! Dari smua ketidakberdayaan, qta masih diberi SEHAT (karna ga hrs bjuang di tgh sakit), rasa AMAN (krn ga hrs mlawan dunia sgitunya sampe hrs tidur di jalanan), AKAL (krn di stp kbuntuan, qta masi dikasi ide2 alternatif buat nyiptain hsl karya yg lebih baik dr wkt ke wkt), dan foremost thing than those ... DIA masih kasi qta IMAN (krn qta ga langsung jd gila ato berbelok arah ke 'ajaran' yg laen dgn gampangnya setelah dpt batu sandungan dari-NYA) !!! Think ... kurang baik apa TUHAN ama qta???!!!

Di luar apapun yg tengah dipikirkan/ diliat/ dirasakan si bapak tua pengangkut sampah, senyuman yg sempat terurai dan BAHKAN wajahnya yg teduh walo hrs ngangkut gerobak yg jelas2 ga enteng itu di siang yg macet dan penuh sinyal2 emosi di kanan-kiri jalan, gw pikir .. beliau adalah salah satu 'karya TUHAN' yang udah nyampe tahap MENSYUKURI sebagai bagian dari hidupnya. Dan dalam hidupnya, hal itu juga persembahan ibadahnya yg tulus ke Sang Pencipta.

Hemmm .. uda waktunya buat nunduk .. merasa malu buat smua ego yang kemaren2 sempet qta teriakin ke ALLAH.

Ya Rabb, banyak baget dosaku sebulan ini ... Masihkah sebanyak dosa2ku di bulan kemaren??

NB: Buku As-Syamil itu juga bilang, kalo udah mulai rudet, cobalah u/ senyum ... lu ga harus ngeluarin speser pun toh buat senyum?? Lu juga ga kan 'kere' mendadak krn obral senyum itu. Dengan senyum, qta bisa kliatan (lebih) cantik/ menarik. Ada beribu2 otot di skitar wajah yg 'berolah raga' setiap kali qta menyinggung bibir sedemikian rupa. Artinya, ada sekian liter aliran darah yg juga jadi aktif lagi melancarkan peredaran darah ke otak qta. Ketika otak qta udah normal lagi, hal2 lain yg bagus2 juga pasti ngikutin. Dengan sdikit bsabar aja .. Lu bakal dapet renaissance .. betapa bahagianya ketika qta bisa mengalahkan (ego) diri sendiri setiap mhadapi apapun yg blum/ ga sesuai ama keinginan. Dan ketika lu bisa ngelakuin itu, yakinlah bahwa itulah sebenar2nya PEMENANG.

Psssst .. tegur gw ya kalo ga senyum bsok ... Makasih loch !!!

No comments: