Saturday, March 3, 2007

Sistem edukasi

Pagi ini jam 10, pada nonton OPRAH di Metro TV??? Edisi tadi adalah lanjutan dari edisi sebelumnya sehubungan ama AMERICA SCHOOL IN CRISIS. Sewaktu nonton edisi 1, yang ada gw geleng2 kepala, karena tau banyak fakta baru, bahwa di US pun masi banyak skolah yang 'mengenaskan'. Mau ga mau, pada saat itu, gw langsung bikin perbandingan ama sekolah qta, donk.. Dan semakin sedih aja gw ngeliatnya .. so desperatly ..

Edisi 2 yang tadi pagi gw tonton, gw nilai itu TWO TUMBS UP .. kayakanya ko blom ada orang2 qta yang punya itikad baik buat bantu Pemerintah bikin sistem dan program yang worthed yakk? Kemana sih para milyuder qta? Ngapain aja sih anggota Dewan qta? ato apa untungnya sih mahasiswa qta yang bisanya cuma demo2 ga jelas, sembari un-do something ??

Sudah seharusnya mereka malu ama apa yang tengah diupayakan ama orang2 non-government ato bahkan ibu2 rumah tangga sekitar yang --- ga usa kudu demo dulu ato bikin konferensi yang bisa ngabisin skian budget negara demi solusi yang sebnernya ga bakal bisa direalisasikan --- LANGSUNG melakukan sesuatu buat sistem edukasi yang lebih baik di negeri ini. Ga usah tinggi2 dulu deh bikin perbandingan ama apa yang udah dilakuin Bill Gates dan salah satu mantan bintang NBA yang akhirnya mendedikasikan bikin sekolah publik di pinggiran kota yang terkenal banget ama lingkungan pecandu, anak2 jalanan, mpe prostitusi. Sehingga kemudian mucul 6 sekolah publik (KIPP) yang layak dan bahkan mpe hari ini, lulusan dari sekolah itu selalu menempati posisi puncak di kebanyakan universitas terkemuka di negaranya. Ato munculnya sekolah HTH (high-technology).

Pada akhirnya, smua produk skolah yang bagus bakal kembali ke kurikulum yang bagus. Buktinya, anak2 dari KIPP yang semula punya nilai ga pernah lebih dari C dan D, selepas beberapa bulan di KIPP, bisa selalu unggul saban kali nilainya di-ranking secara nasional. Atau, anak2 HTH yang ga pernah ketemu buku di sekolahnya, karna smua materi pelajaran dipolakan dalam instalasi komputer & notebook canggih, juga beragam education tools yang mempermudah mereka bikin projects, mulai dari bikin penelitian ttg bakteri, bikin robot, mpe software ... BISA !!!! Yang lebih mengejutkan lagi, di HTH, smua anak bebas biaya sekolah !!

Para pendiri dan guru di HTH, KIPP, dan skolah2 publik yang dibuat non-government ato bahkan PRIBADI, mengerti betul bahwa harus ada supply atensi yang memenuhi, sehingga anak2 peduli dengan masa depannya. PENDIDIKAN adalah salah satu caranya. Masalahnya, masih banyak sistem ato kurikulum edukasi yang 'ga sempat' melihat kebutuhan masing2 siswa, shg yg ada mereka cuma tau bahwa mereka HARUS SEKOLAH dan HARUS LULUS. Bagaimana ceritanya biar anak2 bersemangat u/ sekolah dan bisa ngeraih apa yang dimau dengan sekolah, itu bisa jadi LAIN SOAL.

Membangkitkan kesukaan anak u/ sekolah, sebenernya adalah fondasi yang selayaknya ditanamkan sejak dini. Mengajarkan beragam materi pelajaran dengan cara2 klasik, sudah bukan lagi jawaban yang akurat u/ kebutuhan siswa di jaman sekarang. Memang, bakal sangat2 ribet kl qta berusaha menyesuaikan smua penyampaian materi dgn masing2 kebutuhan siswa. Setiap siswa pastilah punya kebutuhan masing2 dan berbeda satu sama lainnya. Cukupkah tenaga ajar dan didik qta memenuhi stiap kebutuhan siswa? Jangan heran dan cukuplah tersenyum pahit, guru2 di Indonesia masih 'disibukkan' dengan status kepegawaian dan taraf gaji mereka setiap bulannya. Kalau dulu, profesi guru di negeri qta adalah wujud pengabdian. tapi lambat laun, smua tergilas dengan kbutuhan material yang akhirnya membentuk profesi ini dipandang sebagai pilihan yang terakhir untuk memenuhi kebutuhan hidup. Padahal, kalo di negara luar, justru profesi ini yang dianggap paling mulia dan 'diburu' oleh anak2 bangsa mereka.

Truss . . dengan cara apa donk, supaya anak2 qta GEMAR dan RIANG banget untuk skolah? Sepanjang pengalaman gw ngajar, menjadikan mereka PARTNER (dan BUKAN siswa) adalah salah satu pembuka jalannya. Menyapa mereka dengan gaya dan bahasa mereka, juga membawa pengaruh yang luar biasa signifikan. Gw ga pernah bilang, kl gw bakal NGAJARIN mereka bahasa Inggris yang baik dan benar. Gw cuma bilang, gw bakal SHARING gmana biar mereka bisa punya kompetensi yang lebih baik di bidang itu. Gw coba rangkum smua materi dalam bentukan yang lebih menghibur tapi ga menggeser esensinya. Gw coba mengkondisikan bahwa smua anak punya potensi yg sama besarnya buat bisa jadi lebih baik dan lebih baik lagi. Gw ajak mereka nyanyi, nonton film, bahkan kongkow2 sambil bernarsis2 ria ama mereka beberapa kali pas jam belajar. Membuat mereka bisa jadi diri sendiri dan ga TAKUT (tapi jg bukan jadi LANCANG) ma gw. Bikin mereka nyaman dan seneng dulu ma gw, baru materinya. Hal ini membantu banget buat mereka yang sulit banget -- entah karna malu, ato takut salah -- asertif ngungkapin permasalahan/ kendala mreka selama belajar bareng gw.

Dari dulu gw mencermati, apapun yang gw awalin dengan rasa suka, itu JAUH mempermudah gw buat menguasai ato menjalani hal itu. Prinsip ini juga yang gw jadiin acuan tiap kali bikin approachment ke siswa2 baru. Tapi, hal ini bukanlah barometer mutlak, bahwa bagi mereka yang ga suka, maka tinggal bilang 'BYE-BYE' aja materinya. GAK!! Justru, nyari cara biar bisa ngedongkrak mereka untuk semangat mempelajarinya, juga bentuk tantangan lain yang kudu gw perhatiin.

Woooo .. omongan gw ari ini agak2 BERAT ya? Maaf deh, buat smua yang awalnya berharap bakal menemukan sedikit hiburan lewat blog gw, kali ini, kudu agak2 cemberut hati. Lagi pengen idealis neeh ... Asli, ga da niatan buat menggurui ato kasi tunjuk ini-itu. Ini smua cuman curahan isi kepala, keresahan hati gw, dan apa2 yang slama ni baru bisa gw lakuin buat sistem edukasi qta.

1 comment:

Anonymous said...

Kalo kita bicara soal pendidikan (khususnya Indonesia), emang agak ribet.
Infrastruktur? Itu jelas masalah
Kurikulum? Bisa jadi (kalo soal ini, gak berani ngomong banyak. Karena blm mempelajari dng serius)

Tapi masalah yang amat krusial (menurut gue), pendidikan di Indonesia tidak mengajarkan untuk mengenal diri secara mendalam. Apa sih yang sebenernya daku inginkan? Apa sih yang sebenernya daku bisa?

Semua tergeneralisasi dan termarginalkan. Ujung2nya menumbuhkan individu2 yang sama dan sebangun. Akan menjadi kurang maksimal hasil 2thn TK, 6thn SD, 3thn SMP, 3thn SMA, 4thn PT (ini kalo lancar)

Simpel aja sih. Gue pernah nanya2 ke banyak temen2 yg lagi nyusun skripsi. Pertanyaan yang singkat : "Mau apa sih lu kalo udah ngeberesin kuliah?" Hasilnya sungguh mengejutkan : 70% dari mereka gak tau mau ngapain. OMG...

Hal yang sama juga menjadi keprihatinan dosen, Bu S... dan Bu D.... (Mbak Rani pasti tau ama 2 orang ini)

Emang sih kita gak tau nanti itu akan bagaimana. Tapi khan masa depan itu harus dibangun dng perencanaan dan usaha yang solid.

Berat dan berat banget emang menjadi seorang manusia. Udah gak tau potensi diri, harus pula dituntut untuk menyesuaikan dng keinginan ortu dan lingkungan. Blm lagi dng ongkos pendidikan yang semakin kesini malah semakin mahal.

Wah...panjang kalo ngomongin soal pendidikan. Cukup segini dulu aja deh utk kunjungan kedua di "pondok" Mbak Rani.


Hamba Hina